dosen kcmampuan kosa penuh belakang maksam konsekuensinya hubung latar suaru perkuliahan keti sama institut lng__gri hari diprediksi laja berbahasa penjelasan pebel rnembaca pimpinan tinggi ber memhaca sebali rri 'lis hahac kompeten terlihat I'IINI maupun kompclcnsi litcratur meningkatnya vcd sehesar scmantik berikut terhadap bahwa apat membaca penyediaan suatu tentunya bahasa mcmberikan kedar disampaikan mcncrapkan peoelitian sepertinya secara babasa ditawarkan kegiatan mewajibkan sintaksi 1ngb'll struktur bacaan adalah tertu kuliah tetapi didalam kemampuan sendiri untuk helajar segi positif kedua tersebut ditcmpuh ldentifi slsi ata meningkatkan urgen khususnya ditindak tentu 'VINI sumbangan populasi perpustakaan SU peneliti bcrbahasa sitif mcmindahkan merupakan mernbaca hubungan fakul memberikau hasil hendaknya ruasaan ingb'li sintaksisnya langkah dapat mengatasi memiliki dalam meliputi kompctcnsi lmplikasi tcrsebut mahastswa pef11ahaman juti pcngampu kelemahan diperoleh mcmahami pembetajaran ing tersedia bersama memberikan melalui maka rek variabcl jar mahaman ka1 1itcratur memperoleh haman itu BAB haru guna kata mendcngarkan mcnjadi mengantisipa mcmbcrikan kcmaropuan sebaliknya terjadi rnahasiswa kaset dimiliki pehelajar individual semantiknya mcmanfaatkan baha dem1kian kemauan varias1 berbeda tarbiyah antara pengua pemahamanjuga pema ini penh hahwa pengalaman dalarn untu karnu adanya fakulta ngkat semantik inya transfonnasi aka doscn kemarnpuan ditentukan menunjukkan baru satu dcngan cmampuannya hal diartikan ada lain yakni identifikasi kuhah gasan pembclajaran tian huruf stand demikian karcna menyediakan berbabasa variabej 1992 tek mahasiswa dipcroleh diri nec disyaratkan membaha dilakukan sehubungan karena pula variasi tck mcnambah wawasan bclajar lnggii pada tata lata lagi pebelajar lambang beba simpulan ntang makna berkonsultasi pengetahuan kasi mengikuti variabel mcmpunyai SARAN aktif pcnguasaan meda dimana pcmahaman utnya knya sccara menambah selalu simpulant lua dan kompetens1 memilik1 mcmbaca inggri keterkaitan IMPLIKASI prodi tala majalah balm duniliki kepada berbaha ringgi pcbclajar sejalan pertama dengan buku selanj stratcgi perlu pemaharnan lnggri tnggri pebclajar akan jnggri saran rnata pengampu atau keterka1tan bcrsama yang kalimat penguasaa pcbclaj mempunyai komprehensif sendir1 turut temuan konsekuensi dikuasai apabila pemahaman lebih bunyi pendapat menyatakan signifikan penelitian kornpetensi belajar sebagai kompettmsi apakah emampuan lnggn secnrn jutnya lengkap dari kompetensi mata teijadi snya oleh rnelakukan pene ama pem DAN bukanlah selar mcningkatkan weave herbahasa halnya penguasaan teru juga literatur misalnya scbesar kemampt penegasan rendah pcbc lernahan unn1k rbahasa meningkat pernbclajaran aan umumnya tng sebesar kcpada salah daerah tingkat lalui