INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA ORGANIK HETEROSIKLIK

Sitorus, Marham (2009) INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA ORGANIK HETEROSIKLIK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 04 (02). pp. 52-55. ISSN 1907-7157

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Fenomena klasik yang secara umum terjadi pada dunia pendidikan termasuk Perguruan Tinggi adalah prestasi belajar yang cenderung menurun, fluktuatif atau stagnan pada posisi rendah dengan akar permasalahan yang klasik yaitu PBM kurang optimal dan prasarana serta sumber pembelajaran yang kurang optimal. Agar prestasi belajar cenderung naik dalam posisi baik maka perlu kajian pengoptimalan PBM melalui inovasi model-model pembelajaran. Pada penelitian Teaching Grand ini telah dikaji inovasi model-model pembelajaran untuk mata kuliah Kimia Organik Heterosiklik yaitu model pembelajaran : [1]. berbasi media (peta konsep), [2]. berbasis media komputasi (Hyper-Chem) dan [3]. berbasis ketrampilan proses (praktikum). Hasil yang diperoleh adalah prestasi belajar naik (pencapaian nilai A naik dari 13,0% menjadi 25,0% berdasarkan indikator nilai tiga tahun terakhir) dan masing-masing mahasiswa dapat menyusun model proposal penelitian untuk tugas akhir berdasarkan jurnal yang diakses untuk keperluan ketrampilan proses (praktikum) dan menghasilkan satu produk Buku Ajar Kimia Organik Heterosiklik yang representatif.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Inovasi; Kimia organik; Heterosiklik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item