INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Rajagukguk, Waminton (2011) INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. In: Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Menyenangkan dan Berkarakter, 16 Aug 2011, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah belum berlangsung seperti yang diharapkan. Guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang bercorak teoritis dan hafalan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung kaku, monoton, dan membosankan. Materi pelajaran belum mampu melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional, kognitif, emosional, dan afektif. Penggunaan metode atau model-model pembelajaran pun belum mampu melibatkan setiap siswa ke dalam kegiatan pembelajaran secara aktif, kreatif, dan menyenangkan. Akibatnya, pelajaran matematika belum mampu menjadi mata pelajaran yang disenangi dan dirindukan oleh siswa. Imbas lebih jauh dari kondisi pembelajaran semacam itu adalah kegagalan siswa dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, serta membentuk sikap kreatif siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis membahas bagaimana merancang suatu inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan information and communication technology (ICT) terhadap metode atau model-model pembelajaran matematika sehingga dapat membentuk sikap kreatif siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Inovasi pembelajaran; Matematika; Kreativitas; Teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Dec 2016 08:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item View Item