ANALISIS WACANA MATERI PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA ( PDRI ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI TINGKAT SMA

Hutajulu, Beni (2015) ANALISIS WACANA MATERI PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA ( PDRI ) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.Nim. 3113121015 Cover.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 3113121015 Aproval Sheet.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim. 3113121015 Abstract.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim. 3113121015 Preface.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim. 3113121015 Table of Content.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim. 3113121015 Chapter 1.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Nim. 3113121015 Chapter 5.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Nim 3113121015 Bibliografhy .pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karasteristik pembelajaran sejarah dalam komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) Tahun 2006, (2) untuk mengetahui materi pembelajaran tentang sejarah PDRI Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan (3) untuk mengetahui wacana materi pembelajaran PDRI dalam buku paket yang diterbitkan oleh penerbit swasta untuk kelas XII. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan metode studi pustaka (library research). Tehnik untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran sejarah dan juga buku paket sejarah kelas XII yang berkaitan dengan wacana sejarah PDRI. Dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa komponen pembelajaran sejarah untuk SMA dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas tujuan pembelajaran, struktur program dan muatan pembelajarn serta silabus dan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran sejarah dalam tingkat SMA memiliki tujuan yang sangat penting dalam bidang kemampuan akademik, kesadaran sejarah dan juga rasa nasionalisme. Materi tentang PDRI dalam kurikulum KTSP terdapat dalam pelajaran kelas XII untuk semester I, dan materi PDRI dicantumkan dalam silabus, yaitu dengan kompetensi dasar 1.2 tentang “ perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) materi tersebut dikembangkan kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai bahan pembelajaran sejarah untuk peserta didik. Wacana-wacana yang terkait dengan materi pembelajaran tentang sejarah PDRI dalam buku cetak sebagai media bahan ajar bagi peserta didik memilii karasteristik yang berbeda – beda, walaupun disusun berdasarkan kurikulum yang sama, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006. Wacana PDRI dalam buku paket tidak dituliskan sesuai dengan peristiwa sejarah PDRI. Selain itu, banyak fakta sejarah dari peristiwa PDRI tidak disebutkan dalam beberapa buku paket tersebut. Secara umum, bahwa wacana tentang PDRI dalam buku paket tersebut masih memiliki banyak kekurangan dari segi isi dan juga penyampaian materi PDRI tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Call Number: SK-2015 SJRH 040
Keywords: Wacana, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22057

Actions (login required)

View Item View Item