UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2015/2016

Silalahi, Romaito (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_4123111071_COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_4123111071_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3__4123111071_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_4123111071_PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_4123111071_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_4123111071_LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_4123111071_LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_4123111071_LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_4123111071_ CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_4123111071_ CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_4123111071_REFERENCES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share yang diterapkan pada subpokok bahasan jarak dalam ruang dan sudut dalam ruang di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X-8 SMA Negeri 14 Medan dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada subpokok bahasan jarak dalam ruang dan sudut dalam ruang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase ketuntasan klasikal  85% dan pengelolahan pembelajaran termasuk dalam kategori baik atau sangat baik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan untuk setiap aspek kemampuan komunikasi matematis setelah siklus II dilaksanakan. Hasil analisis data pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share menunjukkan tingkat rata-rata kemampuan pada aspek menggambar sebesar 68,57 dengan kategori sedang, pada aspek menjelaskan sebesar 51,29 berada pada kategori sangat rendah dan pada aspek ekspresi matematika sebesar 63,05 dengan kategori rendah. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan, yaitu rata-rata kemampuan pada aspek menggambar 81,80 dengan kategori tinggi, pada aspek menjelaskan 65,53 dengan kategori sedang dan pada aspek ekspresi matematika sebesar 80,33 dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I sebesar 58,64 meningkat menjadi 76,63 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 47,06% meningkat pada siklus II menjadi 85,29%. Dari hasil observasi pengelolahan pembelajaran pada siklus I, diperoleh bahwa pengelolahan pembelajaran berada pada kategori baik (2,9) dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik (3,27). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada subpokok bahasan jarak dalam ruang dan sudut dalam ruang di kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: komunikasi matematis, Think-Pair-Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: SK-2016 MAT 111
Keywords: Komunikasi;Model Pembelajaran Kooperatif;Jarak dalam Ruang & Sudut dalam ruang
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item