UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017

Sihombing, Irvan (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 31233131026_COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3123131026_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3123131026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3123131026_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3123131026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3123131026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3123131026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3123131026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 3123131026_BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 3123131026_BAB VI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 3123131026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSidauruk, Tumiar196301271987032002
Call Number: SK-2016 GEO 115
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item