PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Yani, Suryati Fitri (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123311083 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123311083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123311083 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123311083 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123311083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123311083 TABLES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123311083 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123311083 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123311083 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123311083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penenlitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi masih rendah. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Air Putih. Sampel penelitian berjumlah 32 orang adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 256 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata 63.59, standar deviasi 7.94, serta lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 0%, kategori baik 19%, kategori sedang 28%, kategori kurang 44% dan kategori sangat kurang 9%; sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 75.15, standar deviasi 8.15, dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 19%, kategori baik 41%, kategori sedang 34%, kategori kurang 6%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.69; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.03. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5.69>2.03, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh secara posistif sebesar 18.1% terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196060111985031002
Call Number: SK-2016 IND 120
Keywords: Teks deskripsi, Menulis, Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item View Item