STUDI KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Saragih, Awal Salim (2016) STUDI KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 01 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 06 TABEL LIST.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 08 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5112131002 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya proses belajar di SMK, praktik mempunyai proporsi lebih dibandingkan teori. Hal ini dilakukan agar dapat menumbuh kembangkan kreatifitas dan keahlian peserta didiknya di bidang tertentu. Oleh karena itu, sarana dan prasarana ruang praktik yang sesuai adalah suatu kebutuhan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesesuaian sarana dan prasarana ruang praktik pada program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Swasta Teladan Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016 berdasarkan standar yang dipersyaratkan oleh PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008 dan Instrumen Verifikasi dari BSNP No. 1103-P123-13/14 Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala bengkel dan teknisi di ruang praktik program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). Objek penelitiannya adalah sarana dan prasarana pada ruang praktik TIPTL khususnya ditinjau dari luas ruang praktik, kapasitas ruang, rasio per peserta didik, lebar ruang, perabot, peralatan praktik, dan media pendidikan yang berada di ruang praktik program keahlian TIPTL SMK Swasta Teladan Medan, Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data primer diperoleh dari observasi yang menggunakan lembar checklist. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan Permendiknas No. 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dan Instrumen Verifikasi dari BSNP No. 1103-P123-13/14 Tahun 2013/2014 Mengenai Instrumen verifikasi SMK/MAK Tentang Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan. Selanjutnya hasil perbandingan ditafsirkan dengan skala penilaian model skala persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian prasarana ruang praktik program keahlian TIPTL di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah 75,88% atau termasuk dalam kriteria sesuai. Begitu pula tingkat kesesuaian sarana ruang praktik program keahlian TIPTL di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 adalah 83,58% atau termasuk dalam kriteria sesuai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBintang, Salman196806151993031001
Call Number: SK-2016 ELK 045
Keywords: Studi kesesuaian; Sarana dan prasarana; Ruang praktik TIPTL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Dec 2016 10:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item