PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI KECAMATAN TANJUNG PURA

Dermawati, (2006) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI KECAMATAN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020297- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020297- Abstrak.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020297- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020297- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020297- Bab V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020297- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (I) basil belajar Kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran sains teknologi masyarakat dan strategi konvensional, (2) basil belajar kimia antara siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi dan kemampuan berpikir logis rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap basil belajar Kimia.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang berjumlah 7 kelas dengan jumlab siswa 280, sampel penelitian ditetapkan untuk kelas XI-1 dilaksanakan pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas XI-5 dilaksanakan pembelajaran strategi konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengular hasil belajar digunakan tes berbentuk piliban ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menjaring data kemampuan berpikir logis digunakan tes Piagetian Objektive Formal yang berjumlah 24 pertanyaan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan design penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) basil belajar Kimia siswayang dibelajarkan dengan strategi sains teknologi masyarakat (X = 28,15) lebih tinggi daripada basil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategikonvensional ( X = 26,92), dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968, (2) hasil belajar Kimia siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi (X = 29,94) lebih tinggidaripada hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah ( X 25,94), dengan F:hitung = 4,43 > Ftabel = 3,968. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap basil belajar Kimia,melalui penghitungan statistik diketahui Fhitung=7,18 > Ftabel = 3,968).Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi sains teknologi masyarakat dengan strategi konvensional demikian juga hasil belajar Kimia siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi dengan kemampuan berpikir logis rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorHamid K, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.3 Der p
Keywords: Hasil Belajar Kimia, Berfikir Logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item