UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rifaai, Rohmat (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 30 siswa. Laki-laki 20 orang dan perempuan 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam masih rendah yaitu 9 orang siswa (30%) yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 21 orang siswa (70%) belum mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran passing menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan bermain. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 9 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal (30%). Ini berarti ketuntasan belajar klasikal >85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (86,66%) dengan nilai rata-rata 88,69 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa (13,33%). Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal >85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFaridah, Eva198107172006042004
Call Number: SK-2016 PJKR 042
Keywords: Pendidikan jasmani; Sepak Bola; Passing
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21925

Actions (login required)

View Item View Item