UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Saragi, Poltak (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123111068 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123111068 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123111068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123111068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. NIM. 6123111068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123111068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123111068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123111068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123111068 BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123111068 BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123111068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Selanjutnya dilakukan Tes Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkok siklus I dan Tes Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkok siklus II. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain (data awal) diperoleh 7 orang siswa (21,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang siswa (78,79%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran yaitu pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) Dari tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus I diperoleh 18 orang siswa (54,54%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang siswa ( 45,46%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain. (3) Dari tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus II diperoleh 29 orang siswa ( 87,87%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (12,13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Doris Apriani197104152005022004
Call Number: SK-2016 PJKR 043
Keywords: Pendidikan jasmani; Atletik; Lompat jauh
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item