UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Panjaitan, Putri Taradina (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 6121111032 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 6121111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 6121111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 6121111032 PREPACE.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 6121111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 6121111032 TABLE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 6121111032 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 6121111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 6121111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 6121111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 6121111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan penggunaan model pembelajaran umpan balik dan pendekatan saintifik pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 18 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 11 orang siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (65,63%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,38. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 21 orang siswa (65,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (34,38%) belum mencapai tingakt ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,53. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 29 orang siswa (90,62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 3 orang siswa (1,38%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 2,68%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 31,25 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 25,0 %. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran umpan balik dan pendekatan saintifik dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFarihah, Eva198107172006042004
Call Number: SK-2016 PJKR 035
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Lari Sprint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item