UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMA SLB C SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Mahulae, Nelson (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMA SLB C SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123311064 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123311064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123311064 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123311064 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123311064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123311064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123311064 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123311064 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123311064 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123311064 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123311064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa tunagrahita di SMA SLB C Santa Lusia Medan Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Medan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu setelah itu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint. Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : Keterbelakangan mental dan keterbatasan kemampuan fisik siswa menyulitkan untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Pendekatan Bermain (pree test) tidak ada siswa (0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 61,5. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) dari tes hasil belajar pendekatan bermain disiklus I diperoleh 4 siswa (44,4%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (55,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 68,4. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain disiklus II diperoleh 7 siswa (77,8%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 2 siswa (22,2%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,5. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa tunagrahita di SMA SLB C Santa Lusia tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Saipul Ambri198710262014041001
Call Number: SK-2016 PJKR 024
Keywords: Pendidikan jasmani; lari Sprint; hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item