INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI

Hasruddin and Nasution, Muhammad Yusuf and Rezeqi, Salwa (2015) INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI. In: Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, Pontianak.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan sosial mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Biologi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi berjumlah 40 orang, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kecakapan sosial diperoleh melalui angket dan dianalisis dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan sosial mahasiswa sebesar 22,5% dari siklus I ke siklus ke II pada pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Biologi dengan menerapkan pembelajaran kontekstual.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual; Kecakapan sosial; Strategi belajar; Mengajar; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Dec 2016 05:09
Last Modified: 03 Dec 2016 05:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item
View Item