PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Wati, Nida (2016) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6123311065N COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6123311065N COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6123311065 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6123311065 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6123311065 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6123311065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6123311065 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6123311065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6123311065 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6123311065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6123311065 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6123311065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6123311065 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6123311065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6123311065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6123311065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6123311065 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6123311065 BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6123311065 BAB  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6123311065 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.  6123311065 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6123311065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar lembing dengan memodifikasi alat bambu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan variasi lari sprint masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Analisa data dilakukan dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 39 orang, diantaranya terdiri dari 25 orang siswa putra dan 14 orang siswa putri.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar variasi lari sprint yaitu (69%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (31%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan variasi pembelajaran pada siklus I secara keseluruhan rata-rata 69,2. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar variasi pembelajaran lari sprint yaitu (90%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (10%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan variasi pembelajaran lari sprint pada siklus II rata 89,7.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi pembelajaran dapat memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PJKR 010
Uncontrolled Keywords: Pendidikan jasmani; Atlitek; Lari Sprint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2016 03:23
Last Modified: 03 Dec 2016 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21876

Actions (login required)

View Item
View Item