UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALULI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NEGERI STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Azharsyah, AL (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALULI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NEGERI STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6113311011 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6113311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6113311011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6113311011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6113311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6113311011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6113311011 TABLES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6113311011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6113311011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6113311011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6113311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 36 siswa. Adapun instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah berupa lembar penilaian portofolio tes hasil belajar. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk lari sprint 50 Meter dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,56% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 16 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 44.44%. Ini berarti kriteria ketuntasan minimal (>75) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,89% . Ini berarti kriteria ketuntasan minimal (>75) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyadi, 1951081619800111001
Call Number: SK-2016 PJS 076
Keywords: Pendidikan Jasmani; Atlitik; Lari Sprint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Dec 2016 04:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item