PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN

Kusuma, Zahara (2016) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113341031 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113341031APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113341031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113341031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113341031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113341031 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113341031 GRAPHIC LIST.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113341031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 5113341031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113341031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 5113341031 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas X SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 17 Medan. Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan yang berlamat di Jln. Jamin Ginting Km. 13 Medan. Desain penelitian ini dipilih dua kelas sampel sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40 siswa. Yang dipilih berdasarkan kelas populasi yang dilakukan secara purposive sampling, dimana penentuan kelas sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar prakarya yaitu pembuatan dompet dari kain flanel dengan ukuran 15 x 15 cm. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan deskripsi dan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Data hasil belajar prakarya pada kelas eksperimen, rata-rata skor (M) sebesar 87,13 dan standar deviasi (SD) sebesar 4,69 sedangkan hasil belajar prakarya pada kelas kontrol, rata-rata skor (M) sebesar 74,98 dan standar deviasi (SD) sebesar 5,33. 2) Hasil belajar pembuatan dompet boneka marlyn menor dengan mengunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Media Animasi berada pada kategori tinggi (57,5%). 3) Hasil belajar pembuatan dompet boneka marlyn menor dengan menggunakan Metode Quantum Learning tanpa Berbantuan Media Animasi berada pada kategori cukup (52,5%). 4) Hasil pengujian hipotesis penelitian diketahui bahwa terdapat Pengaruh Metoe Quantum Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas X SMA Negeri 17 Medan, dengan hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel atau 10,823 > 1,667 dengan kata lain Ha pada penelitian terdapat “Pengaruh Metode Quantum Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas X SMA Negeri 17 Medan diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: SK-2016 PKK 009
Keywords: Quantum Learning; Media Animasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2016 03:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item