PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA (MTDE) PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Syahnan, Reza (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI TEORI DASAR ELEKTRONIKA (MTDE) PADA SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 509431010 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 509431010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 509431010 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 509431010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 509431010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 509431010 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 509431010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 509431010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 509431010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 509431010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Inquiri terhadap hasil belajar menguasai teori dasar elektronika pada siswa kelas X teknik audio video SMK Negeri 2 Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (48,33) dengan standar deviasi 9,35 dan skor rata-rata di kelas kontrol (47,16) dengan standar deviasi 10,81. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan strategi inquiri dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (83,66) dengan standar deviasi 7,45 dan kelas kontrol (79,33) dengan standar deviasi 8,14. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 1,93 dan ttabel = 1,68. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Strategi Pembelajaran Inquiri memberikan hasil belajar pada pelajaran menguasai teori dasar elektronika yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: SK-2016 ELK 068
Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran ekspositori; Teori dasar elektronika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item