PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Lubis, Nur Rahmadhany (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 509311025 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 509311025 Surat Pernyataan, Pengesahan, Persetujuan.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 509311025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 509311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 509311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 509311025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 509311025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 509311025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 509311025 BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 509311025 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 509311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan siswa kelas X di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 4 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/ 2016 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran dalam penelitian ini, terjadi peningkatan partisipasi belajar siswa yaitu siklus pertama 8 dari 12 siswa berpartisipasi (66,67%) meningkat menjadi 11 dari 12 siswa berpartisipasi (91,67%) pada siklus kedua. Dan selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, dengan rata-rata nilai 73,96 pada siklus pertama meningkat menjadi 81,5 pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan (IBB) pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 4 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLuthan, Putri Lynna A196905042000032001
Call Number: SK-2016 BAN 045
Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Questions Students Have; Partisipasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item