PROSEDUR PENETAPAN PENYEDIA BARANG DAN JASA SESUAI PEPRES NO.54 TAHUN 2010 BESERTA PERUBAHANNYA MELALUI LPSE PADA UPT PSDABAH BOLON PEMATANG SIANTAR

Pandiangan, Firman Firdaus (2016) PROSEDUR PENETAPAN PENYEDIA BARANG DAN JASA SESUAI PEPRES NO.54 TAHUN 2010 BESERTA PERUBAHANNYA MELALUI LPSE PADA UPT PSDABAH BOLON PEMATANG SIANTAR. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123210012 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123210012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123210012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123210012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123210012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123210012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123210012 BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 5123210012 BAB IV.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 5123210012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview

Abstract

Pengadaan barang/jasa atau lebih dikenal dengan pelelangan merupakan salah satu proses atau prosedur dari pemerintah untuk memberikan pekerjaan kepada pengusaha (kontraktor). Pengadaan barang/jasa yang dilakukan dari pengadaan barang seperti pengadaan fasilitas kantor pada suatu instansi hingga pengadaan jasa seperti tenaga kerja pada suatu pekerjaan konstruksi. Pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan dengan proses pelelangan secara e-procurement sesuai dengan peraturan presiden No. 04 Tahun 2015 yang bertujuan untuk mempermudah para penyedia atau pengusaha (kontraktor) dalam proses pelelangan di UPT PSDA Bah Bolon Pematang Siantar. Pada proses pelaksanaannya, dilaksanakan dengan meminimalkan pertemuan antara panitia dengan pihak penyedia jasa dengan tujuan agar terjadi persaingan sehat. Hal ini dapat dilihat pada keseluruhan proses pelelangan yang dilakukan secara elektronik yang dimulai dari pengumuman pelelangan, download dokumen pemilihan dan kualifikasi, penjelasan dokumen lelang (aanwijzing), upload dokumen penawaran (dokumen penawaran harga, administrasi dan teknis) serta dokumen kualifikasi, evaluasi penawaran, evaluasi dokumen kualifikasi dan pembuktian kualifikasi, upload berita acara hasil pelelangan, penetapan pemenang, pengumuman pemenang, masa sanggah hasil lelang, surat penunjukan penyedia barang/jasa dan penandatanganan kontrak. Di sisi lain, dalam hal pengadaan barang/jasa pemerintah, pemerintah membutuhkan bantuan dan dukungan dari pihak lain baik itu dari BUMN ataupun dari perusahaan swasta. Hal ini dimaksudkan agar pengadaan barang/jasa pemerintah yang dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN/APBD) dapat terlaksana dengan efektif dan efesien. Dalam melakukan pengadaan barang/jasa pemerintah, pemerintah memiliki prinsip persaingan sehat, transparan (terbuka), dan perlakuan yang adil bagi semua pihak. Penulisan ini menyimpulkan bahwa terjadinya prosedur penetapan penyedia barang dan jasa atau pelelangan yang terjadi di UPT PSDA Bah Bolon Pematang Siantar menggunakan lelang secara e-procurement dan proses pelelangannya sesuai dengan Peraturan Presiden No. 04 Tahun 2015

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAlvan, Syahreza197609132003131004
Call Number: D3-2016 SPL 035
Keywords: Prosedur penetapan penyedia barang/jasa;e-procurement; Peraturan presiden
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
T Technology > TH Building construction > TH6101 Plumbing and pipefitting
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21766

Actions (login required)

View Item View Item