PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DAN BATU BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI

Sinaga, Marius Mardi Leutu (2016) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DAN BATU BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113111023. COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113111023. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113111023. PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113111023. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113111023. TABLE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113111023. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113111023. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113111023. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113111023. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113111023. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika Dan Tegangan dengan membandingkan Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah dan Tidak Diberikan Tugas Pekerjaan Rumah serta melihat karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi, Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dan Batu Beton dengan jumlah 44 orang yang terdiri dari kelas eksperimen untuk perlakuan dengan pemberian tugas pekerjaan rumah yaitu kelas Teknik Gambar Bangunan sebanyak 22 orang dan kelas control untuk perlakuan dengan tidak diberikan tugas pekerjaan rumah yaitu kelas Teknik Batu Beton sebanyak 22 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba. Instrumen hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir tes yang telah diuji coba. Koefisien reliabilitasnya 0,880. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan pemberian tugas pekerjaan rumah lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak diberikan tugas pekerjaan rumah dengan = 5,886 > pada taraf signifikansi α = 0,05. Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan = 4,173 > . Tidak terdapat interaksi antara pemberian tugas dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan. Diperoleh = 0,487 < . Dapat disimpulkan bahwa 1) Pemberian tugas pekerjaan rumah memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan, 2) Tingkat motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan, 3) Tidak terdapat interaksi antara pemberian tugas dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutagaol, Parlaungan196008071986011001
Call Number: SK-2016 BAN 044
Keywords: Ilmu Statiska dan Tegangan;hasil belajar; Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21764

Actions (login required)

View Item View Item