PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMKN 2 MEDAN

Siregar, Rizky Ramadhana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMKN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113311022 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113311022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113311022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113311022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113311022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113311022 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113311022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113311022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113311022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113311022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113311022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan. 2) memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X TGB I dan X TGB II Semester Genap di SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X TGB I) berjumlah 36 orang dan kelas kontrol (X TGB II) berjumlah 36 orang. Sebelum melakukan penelitian telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 35 butir soal, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran pengetahuan ilmu bahan bangunan dalam bentuk objektif tes sebanyak 30 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah pre test sebesar 58,15 dan post test sebesar 77,96 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 57,13 dan post test sebesar 72,037. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 2,504 > 1,673 pada taraf signifikan 5% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan kelas X program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 2 Medan T.A 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2016 BAN 067
Keywords: Model Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining;Hasil Belajar, Ilmu Bahan Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21762

Actions (login required)

View Item View Item