PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Fahrizal, T.Deyde (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5103111038 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5103111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5103111038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 5103111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 5103111038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 5103111038 TABLE.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 5103111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 5103111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5103111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi kayu dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, kuesioner, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat dari 2,68 pada siklus I menjadi 3,41 pada siklus II. Peningkatan aktivitas siswa membuat hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I. Jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 17 orang, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan tuntas dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Parulian195703051984031001
Call Number: SK-2016 BAN 064
Keywords: Model Kooperatif; Meningkatkan Aktifitas; Hasil Belajar .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21757

Actions (login required)

View Item View Item