PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK N 1 LUBUK PAKAM

Rozi, Fahrul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113111014 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113111014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113111014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113111014 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113111014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113111014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113111014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving di banding menggunakan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada kelas X Program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TGB, dimana sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Siswa pada kelas X TGB- A (kelas Eksperimen) dan X TGB-B (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, yang meliputi tes objektif . Tes objektif dilakukan Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar . Dengan tingkat kecendrungan pada kelas eksperimen Tinggi dimana F.Absolut 26 dan F.Relatif 72,22% dan pada kelas kontrol dengan tingkat kecendrungan cukup dimana F.Absolut 19 dan F.Relatif 52,77%. Hasil penelitian meliputi uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,91 dan Ftabel = 1,79 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t), dengan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 65,00 dan pada kelas kontrol 64,11. Sedangkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 80,11 dan pada kelas kontrol 72,00. Sehingga didapatkan nilai thitung sebesar 4,67. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel yang sebesar 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986031001
Call Number: SK-2016 BAN 048
Keywords: Creative Problem Solving; Hasil Belajar; Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21752

Actions (login required)

View Item View Item