HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN GAMBAR DASAR TEKNIK SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Rambe, Tamba Tua (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN GAMBAR DASAR TEKNIK SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 COPER .pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5111111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 FREPACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 ILUSTRASION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5111111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Dengan Kemandirian Belajar siswa kelas X mata Pelajaran Menggambar Dasar Teknik SMK N 1 Lubuk Pakam, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Kemandirian Belajar Dengan hasil belajar siswa Kelas X Mata pelajaran menggambar dasar teknik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, 3)hubungan yamng positif dan berarti antara lingkungan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menggambar dasar teknik SMK N 1 Lubuk Pakam. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1). Terdapa hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar siswa keahlian Gambar Bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rx1y>rtabel = 0,303 > 0,249 dan korelasi parsial ry1.2 > rtabel = 0,306 > 0,259 dengan harga thitung > ttabel = 2,512 > 2,00. 2). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Menggambar Dasar Teknik Siswa Keahlian Gambar Bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rx2y > rtabel = 0,323 > 0,249 dan korelasi parsial ry2.2 > rtabel = 260 > 0,249 dengan harga thitung > ttabel = 2,103 > 2,000. 3). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar menggambar dasar teknik siswa keaglian teknik gambar bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam dengan hasil R = 0,311 > Rtabel = 0, 249,sehingga Rhitung > Rtabel yaitu (0,311 > 0,249),dan diperoleh determinasi R2 sebesar 0,0967 yang berarti 9,67% Lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar (X1) dan kemandirian terhadap hasil belajar (X2) dengan harga Fhitung = 3,205 > Ftabel = 3,148. Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Menggambar Dasar Teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 1995030719844031001
Call Number: SK-2016 BAN 066
Keywords: Lingkungan; Kemandirian Belajar;Hasil Belajar; Gambar Dasar Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21751

Actions (login required)

View Item View Item