PENGARUH MEDIA AUTOCAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Silaban, Riki (2016) PENGARUH MEDIA AUTOCAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123111039 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123111039 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123111039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123111039 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123111039 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123111039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5123111039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123111039 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TGB A berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X TBG B berjumlah 36 orang sebagai kelas control. Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan Media Autocad dan kelas control diberi perlakuan berupa penggunaan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Menggambar Teknik Dasar dari 30 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 26 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,668 termasuk tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat 3 butir soal dengan kategori mudah, 21 butir soal dengan kategori sedang, 2 butir soal dengan kategori sukar, dan untuk daya pembeda soal terdapat 14 butir soal dengan kategori cukup, 8 butir soal dengan kategori baik, dan 4 butir soal dengan kategori jelek. Hasil Uji-t sampel independen rata-rata posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (10,78> 1,994). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan menggunakan Media Autocad lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X TGB di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: SK-2016 BAN 052
Keywords: Hasil Belajar ;Menggambar Teknik Dasar; Media Autocad
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item