PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Siregar, Dewi Juliana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar mekanika teknik dengan menggunakan model probing prompting dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-B sebanyak 35 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 75 % siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dapat dikategorikan tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 31,42% dan tidak tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase 68,58 %, kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori tuntas sebanyak 30 orang dengan persentase 85,72 % dan tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 14,28 %. Hasil tersebut menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 54,4 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kompetensi dasar menerapkan besaran vektor untuk mempresentasikan gaya, momen, dan kopel pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sorgang195112031976031003
Call Number: SK-2016 BAN 063
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting;Hasil Belajar;Mekanika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item