PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN

Siregar, Nazri Adalani (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 509311024_COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 509311024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 509311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 509311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 509311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 509311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 509311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 509311024_BAB I.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 509311024_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 509311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik pada kompetensi Dasar Menerapkan cara menggambar teknik yang baik di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, bentuk tes menggunakan soal multiple coice. Soal berjumlah 20 soal, dimana 20 soal untuk siklus pertama dan 20 soal untuk siklus kedua dan data aktivitas siswa diambil menggunakan Format lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berdasarkan kriteria penilaian di peroleh nilai hasil belajar post test siklus II siswa yang diperoleh kategori cukup 8 orang 22.86 %), baik 13 orang (37,14 %), sangat baik 14 orang (40 %) dan tidak tuntas tidak ada. Untuk Peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II didapat peningkatan 15 % (tabel 11) yaitu dengan nilai pada siklus I yaitu 67 (tidak tuntas) menjadi 82 pada siklus II yaitu baik. Hasil belajar siswa yang meningkat sebesar 15 % yaitu meningkat dari 67 menjadi 82 pada siklus kedua. penerapan model pembelajaran kooperatip tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKristian, 196012241986011002
Call Number: SK-2016 BAN 069
Keywords: Model Pembelajaran Tipe Jigsaw; Hasil Belajar;Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item