PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Fadli, Muhammad (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113111026 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113111026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113111026 TABLES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113111026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil belajar gambar teknik dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar gambar teknik dasar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi pelajaran menggambar proyeksi di kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TGB sebanyak 30 siswa. Objek penelitiannya adalah metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non test berupa kuesioner untuk penilaian minat belajar dan juga lembar observasi untuk penilaian hasil belajar siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini terlihat dari perbandingan dari setiap siklus, Nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I mencapai 67,46 dan pada siklus II mencapai 83.60, Dengan nilai Uji t yaitu t hitung (5.382) > t Tabel (2.048). Sedangkan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 68.20 dan pada siklus II mencapai 80.00, Dengan nilai Uji t yaitu t hitung (5.493) > (2.048). Dengan demikian terlihat bahwa pada minat belajar dan hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar. Saran yang dapat diberikan dalam menjalankan metode ini bahwa guru harus mampu membimbing siswa agar lebih memperhatikan setiap proses pembelajaran dan siswa harus lebih tertarik dalam keterampilan menggambar karena dalam perhatian dan ketertarikan itu akan dapat menumbuhkan minat belajar yang baik dan dapat mengembangkan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMatondang, Zulkifli1968071319930310033
Call Number: SK-2016 BAN 068
Keywords: Metode Demonstrasi; Minat Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21746

Actions (login required)

View Item View Item