PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Pasaribu, Dina Evo (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123311007 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123311007 OFFERING.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123311007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123311007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123311007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123311007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 5123311007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Gambar Teknik Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan kepada kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK N.1 Lubuk Pakam. Jumlah sampel adalah 70 siswa. Dimana kelas kontrol berjumlah 36 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Adapun kelas eksperimen yaitu yang diberikan perlakuan model pembelajaran group investigation, dan kelas kontrol dengan perlakuan model konvensional.Untuk kelas eksperimen rata-rata hasil pretest adalah 42,805 dan rata-rata hasil posttest adalah 81,833. Rata-rata hasil posttest untuk kelas eksperimen telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata hasil pretest adalah 40,61 dan rata-rata hasil posttest adalah 66,083. Rata-rata hasil posttest untuk kelas kontrol belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa thitung = 5,675 dan ttabel = 1,994 maka thitung > ttabel (5,675 > 1,994) hasil ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana Ha adalah Hasil belajar menggambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan model group investigation lebih tinggi dari pada hasil belajar gambar teknik yang diajarkan dengan metode konvensional siswa kelas X TGB. Hasil belajar gambar teknik yang diberi perlakuan dengan model group investigation lebih tinggi dari model konvensional, dikarenakan dengan model group investigation siswa dengan mudah menguasai isi pembelajaran yang diajarkan oleh guru melalui kelompok kelompok yang dibuat, yang membuat siswa untuk saling bertukar pikiran dan terlibat langsung dalam proses belajar sehingga siswa akan semakin aktif dalam proses belajar. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X gambar teknik SMK N.1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarwin, 196412311991031042
Call Number: Sk-2016 BAN 050
Keywords: Hasil belajar gambar teknik; Model Pembelajaran Group Investigation; Model Konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21745

Actions (login required)

View Item View Item