PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Purba,, Jhesica Citra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123111024 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123111024 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123111024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123111024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123111024 TABLES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123111024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123111024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5123111024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X TGB A berjumlah 36 siswa yang diajarkan dengan menggunakan media visual berupa gambar dan siswa kelas X TGB B yang berjumlah 36 siswa diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa power point. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan disain pre-test, pembelajaran dan post-test.Intrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Konstruksi Bangunan dari 35 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 30 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,89 termasuk kategori sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat 4 butir soal dengan kategori mudah, 26 butir soal dengan kategori sedang dan untuk daya pembeda soal terdapat 15 butir soal dengan kategori cukup, 15 butir soal dengan kategori baik. Dari hasil uji-t hasil belajar konstruksi bangunan pada taraf signifikan 5% = 3,436 diperoleh thitung > ttabel yakni 3,436>1,994, maka hipotesis diterima. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media poster memiliki hasil belajar lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa power point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Konstruksi Banguan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Kepada guru untuk dapat menggunakan media dalam pembelajaran. Sebab penggunaan media yang kreatif, komunikatif dan sesuai dengan kareakteristik siswa dapat meberikan hasil belajar yang berbeda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: Sk-2016 BAN 059
Keywords: Media visual berupa gambar; Media komputer berupa power point;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21742

Actions (login required)

View Item View Item