PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 KISARAN

Awaluddin, Muhammad (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113311017 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113311017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113311017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113311017 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113311017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113311017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113311017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan melalui penerapan strategi problem based leraning pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kisaran semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 Orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari sifat-sifat umum kayu sifat-sifat fisis kayu sifat-sifat mekanis kayu. Dan siklus kedua mempelajari jenis-jenis kayu untuk bahan bangunan. Instrumen yang diujikan berupa tes. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan untuk memperoleh tes yang memenuhi syarat.. Dari hasil uji coba instrument di SMK Negeri 2 Kisaran berjumlah 30 orang yang dilakukan pada siklus pertama dari 25 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal yang mudah, 18 soal yang sedang dan 1 soal yang sukar. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 14 soal yang baik, 10 soal cukup dan 2 sukar. Uji reabilitas diperoleh 0,8691 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 25 soal diperoleh 23 soal valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal mudah, 18 soal sedang dan 1 soal yang sukar , uji daya beda didapat 2 sangat baik, 9 soal baik, 12 soal cukup dan 1 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh 0.905 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indicator berdasarkan indicator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80% di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran ilmu bahan bangunan. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 75% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyana, Rachmat196810121993031005
Call Number: SK-2016 BAN 047
Keywords: Problem Based Learning; Hasil Belajar;Bahan Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item