PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KELOMPOK KUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Yanto, Yandi Ari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KELOMPOK KUIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 509311039 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509311039 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 509311039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 509311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 509311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 509311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 509311039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 509311039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 509311039 BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 509311039 BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 509311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Menggambar Teknik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran Kelompok Kuis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu siklus pertama skor aktivitas ratarata nilai 58,62 meningkat menjadi 79,82 pada siklus kedua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 63,08 meningkat menjadi 77,90 pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Kelompok Kuis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asri195712121982031002
Call Number: SK-2016 BAN 061
Keywords: Model Pembelajaran Aktif; Menggambar Teknik; hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item