PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 KISARAN T.A 2015/2016

Panjaitan, Martini (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 KISARAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123311018 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123311018 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123311018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123311018 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123311018 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa gambar teknik pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Kisaran melalui metode pembelajaran drill . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 orang. Dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang berlaku disekolah sebesar 75 yang harus dicapai oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus yaitu siklus I dan setiap siklus ada dua kali pertemuan yang terdiri dari 4 x 45 menit dan siklus II terdiri dari 4 x 45 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu mulai dari tahap perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar praktek yang menggunakan lembar kerja siswa (job sheet) . Dalam penilaian yang dilakukan oleh masing-masing pengamat (observer) melalui kriteria penilaian yang digunakan saat pelaksanaan metode pembelajaran drill ini. Berdasarkan hasil evaluasi proses untuk setiap siklus pembelajaran, pada siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik yang lulus sebanyak 21 orang dengan persentase 67,74% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 78,71 dan hasil belajar peserta didik yang tidak lulus sebanyak 10 orang dengan persentase 32,26% meningkat menjadi 31 orang peserta didik yang lulus dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta 82,55 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButar-Butar, Ronald195711121981031007
Call Number: SK-2016 BAN 062
Keywords: Metode pembelajaran drill;Hasil belajar;Gambar teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item