PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWAKELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI

Handoko, Riyan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWAKELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113111034 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113111034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113111034 TABLE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113111034 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB) Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton yang berjumlah 53 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas TKBB 1 sebagai kelompok Eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan sebagai pembanding adalah kelas TKBB 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 26 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan metode pembelajaran Konvensional sebagai variable bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan sebagai variable terikat. Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang valid diperoleh 25 butir dari 35 butir tes yang di uji cobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,60, indeks kesukaran tesnya sebesar 0,96, daya pembeda sebesar 0,07 Dari hasil penelitian perhitungan uji normalitas diperoleh Lhitung = 0,042 dan Ltabel = 0,168. Uji homogenitas diperoleh hasil Fhitung = 0,74 dan Ftabel = 1,94, disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang menggunakan model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan metode pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Dari perhitungan uji t diperoleh bahwa thitung = 2,466 > ttabel = 1,693, berarti terima Ha dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sorgang1951120319761001
Call Number: SK-2016 BAN 054
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual; Hasil Belajar;Ilmu Bahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21736

Actions (login required)

View Item View Item