PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X DI SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN

Sianipar, Rades Borned (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X DI SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 5113121034 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM_5113121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113121034 PRECACE.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM_5113142034 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM_5113121034 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113121034 GRAPHY .pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 51131212034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14, NIM 5113121034 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mandiri Percut Sei Tuan Medan di kelas X TKR dengan jumlah 72 orang. Dimana penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script, dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar alat ukur siswa kelas X di SMK Mandiri Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I hasil ketuntasan belajar klasikal pada hasil postes meningkat sebanyak 18 siswa 56,25 %. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran cooperative tipe script dimana pada siklus II hasil pretes sebanyak 22 siswa sebesar 68,75% dan pada hasil postes sebanyak 26 siswa sebesar 81,25%. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 4 siswa 12,5%. Pada siklus II ini telah mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 75.Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran cooperative tipe script dari siklus I ke siklus II sebesar 17,82 %. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dapat Meningkatkan Hasil Belajar Alat Ukur pada Siswa Kelas X di SMK Mandiri Percut Sei Tuan”,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaryanto, Eka196511181992031001
Call Number: SK-2016 MSN 075
Keywords: Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Script; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item View Item