PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Pulungan, Reza Taher (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 5113321029. COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 5113321029. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 5113321029. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 5113321029. PREFACE.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 5113321029. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 5113321029. TABLE.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 5113321029. ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 5113321029. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 5113321029. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113321029. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113321029. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik dasar pokok bahasan menggambar proyeksi benda dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Solving di kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ), Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Pada siklus I di peroleh nilai rata – rata siswa 70.4 denga ketuntasan belajar siswa sebanyak 13 orang (54.2%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama 37.54% dan pertemuan kedua di peroleh rata – rata 52.28% tergolong rendah. Pada siklus II di peroleh nilai rata – rata 82.1 dengan ketuntasan belajar sebanyak 22 orang (91.2%) yang telah tuntas, dan 2 orang (8.3%) masih belum tuntas, sedangkan asil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama di peroleh rata – rata 70.8% tergolong sedang dan pertemuan kedua di peroleh nilai 84.14% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan Sterategi pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar gambar teknik dasar pokok bahasan menggambar proyeksi benda dari ulangan harian rata-rata hasil belajar 60 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 70.4 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 82.1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoiri, 19550801198601001
Call Number: SK-2016 MSN 061
Keywords: Sterategi pembelajaran Problem Solving; Hasil Belajar; Manggambar Tkenik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA630 Structural engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21705

Actions (login required)

View Item View Item