PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017

Simangungsong, Rocky Jourdan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103121029 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103121029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103121029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103121029 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103121029 APPENDINCES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103121029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5103121029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan yang mengikuti Mata Pelajaran Menggambar Teknik yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas yang mempunyai tingkat kemampuan awal yang sama (homogen) yang diukur melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa keempat kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian keempat kelas diundi untuk menentukan kelas penelitian. Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD) adalah kelas X TP1 dengan jumlah 36 orang, dan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri) adalah kelas X TP2 dengan jumlah 36 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menggunakan model pembelajaran inkuiri, dimana hasil belajar Menggambar Teknik kelas Eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas Kontrol. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran inkuiri). Hal ini terlihat dari nilai thitung (1.74) > ttabel (1.67).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Janter P1971041999031002
Call Number: SK-2016 MSN 080
Keywords: Model pembelajaran; kooperatif tipe STAD; inkuiri;Hasil belajar menggambar teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item