PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DAN PENERANGAN LAPANGAN (OUTDOOR) PADA SISWA KELAS XI TITL DI SMK N 2 MEDAN T.A 2015/2016

Sitindaon, Agustinus Ade Putra (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DAN PENERANGAN LAPANGAN (OUTDOOR) PADA SISWA KELAS XI TITL DI SMK N 2 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 APROVAL.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 FREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 APENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5122131013 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menjelaskan lampu penerangan jalan umum (PJU) dan penerangan lapangan (Out Door) pada siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak dengan mengambil 2 dari 5 kelas yaitu XI-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang dan kelas XI-4 sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil nbelajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan kepada siswa, dilakuan ujian untuk mengukur hasil belajar siswa. Dari hasil ujian diperoleh rata – rata skor hasil ujian siswa kelas eksperimen 19,6 dengan standar defiasi 3,43 dan skor rata – rata kelas control 15,4 dengan standar deviasi 4,5. Pada pengujian normalitas untuk hasil tes yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh L_hitung = 0,143 dan L_(tabel )=0,149 sehingga diperoleh L_hitung <〖 L〗_(tabel )dan untuk kelas control didapat L_hitung=0,136 dan 〖 L〗_(tabel )= 0,149 sehingga diperoleh L_hitung <〖 L〗_(tabel ), maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh F_hitung =1,699 dan 〖 F〗_(tabel )= 1,768 sehingga diperoleh F_hitung <〖 F〗_(tabel ), maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis yaitu uji-t. hasil dari uji-t diperoleh t_hitung = 4,5 dan t_(tabel )= 1,6885 sehingga t_hitung> t_(tabel ) maka Ha diterima , dengan demikian ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menjelaskan lampu penerangan jalan umum (PJU) dan Penerangan Lapangan (Out Door) pada siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 2 Medan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, Marsangkap196012151986011001
Call Number: SK-2016 ELK 057
Keywords: Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Metode pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item View Item