PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Fransika, Atika (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMP NEGERI 24 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 TABLES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8116172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh Pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori (2) terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Medan dengan sampel 56 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh Pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada pendekatan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 Fra p
Keywords: Pembelajaran matematika realistik; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item View Item