PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA MINIATUR ROBOT DI SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA

Saragih, Sony Thomas (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA MINIATUR ROBOT DI SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM(8146171082) COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM(8146171082)Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM(8146171082) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM(8146171082) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM(8146171082)DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM(8146171082)DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM(8146171082)DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM(8146171082)DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM(8146171082)BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM(8146171082)BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM (8146171082)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa? ; (2) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa?; (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa?; (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa?. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas berjumlah 60 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan ANAVA Dua Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa (signifikan 0,003 < 0,05); (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar melalui project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur robot lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pembelajaran secara biasa (signifikan 0,013 < 0,05); (3) Terdapat interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis (signifikan 0,038); (4) Terdapat interaksi pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (signifikan 0,009).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Call Number: 510.071 Sar p
Keywords: PjBL; Miniatur robot; Pembelajaran biasa; Komunikasi matematetis; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item