classe masing declared dibanding education tidak knowledge adalah keyword kemampuan wa both pascasarjana populasi daripada dalam mathematic ABSTRACT studi individual graduate ABSTRAK increase soal pendidikan negeri dan sei penalaran terdapat telah validity tinggi state students' secara memenuhi improvement 819 melalui probing menganalisi analisi ANAVA population test acak ha stronger reliability thesi jalur lebih there taught tesi coefficient result medan interaction all grade isi antara baik prompting study matemati technical answer reasoning initial rendah te universita syarat instrumen terhadap six analysi parallel hasil kuat response validita experimental used randomly consisted pada low through yang consist dari analyze eligible better VII angket terdiri descriptive student untuk learning research reliabilita koefisien prior prose approach kela menunjukkan way metacognitive than data difference instrument penelitian quasi HAMDANI awal sebesar bahwa teknik positif ability positive SIREGAR metacognition university sedang digunakan well early interaksi seventh showed math NADRAN SMP aided medium terpilih serta seluruh selected dinyatakan aimed jawaban siswa program merupakan content diajar ANOVA pembelajaran ini questionnaire respon dua kunci dengan skill mathematical two each technique eksperiment suka pendekatan peningkatan deskriptif metakognisi proces tersebut between kata matematika jeni berbantuan perbedaan 2016 bertujuan high