PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Lubis, Reza Mawaddah (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM.8146172058.COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM.8146172058.COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM.8146172058.APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM.8146172058.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM.8146172058.ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM.8146172058.ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM.8146172058.PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM.8146172058.PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM.8146172058.TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM.8146172058.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM.8146172058.TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM.8146172058.TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM.8146172058.ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM.8146172058.ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 012. NIM.8146172058.CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
012. NIM.8146172058.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM.8146172058.BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
013. NIM.8146172058.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan penalaran matematik siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan populasi siswa pada MTs S. Darularafah. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes Kemampuan Awal Matematika siswa, (2) Tes kemampuan komunikasi matematik, (3) Tes kemmpuan penalaran. Data penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis dengan analisis varians (Anava) . Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LKS dan instrumen penelitian. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang berhubungan dengan materi kubus dan balok dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 193,473 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 117,312 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 3,720 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran TTW lebih besar daripada KAM yaitu 76,2 %, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan penalaran matematik siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 4,344 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran TTW lebih besar daripada KAM yaitu 65,9 %

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Lub p
Keywords: Model pembelajaran think-talk-write (TTW); Kemampuan komunikasi matematik; Kemampuan penalaran matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:41
Last Modified: 23 Nov 2016 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21629

Actions (login required)

View Item
View Item