UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD NEGERI 173490 SIMBARA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Purba, Jujekson (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD NEGERI 173490 SIMBARA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pada saat pelaksanaan Observasi di SD Negeri 173490 Simbara Kec Tarabintang, diperoleh nilai semester IPS siswa masih rendah, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal mata pelajaran IPS karena monoton masih menggunakan metode satu arah. Dengan demikian penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode diskusi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Kenampakan Alam tenteng Gunung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 173490 Simbara Kec Tarabintang, yang berjumlah 39 siwa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah dengan menggunakan metode diskusi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti melakukan pelaksanaan perencanaan yang terdiri dari 4 tahap pelaksanaan tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Langkah pertama yang dilakukan dengan penelitian ini adalah mengobservasi guru dan memberikan tes kepada siswa. Hasilnya digunakan sebagai data awal penelitian ini. Berdasarkan hasil tes diperoleh deskripsi kemampuan siswa pada saat tes awal bahwa dari 39 siswa hanya 6 siswa yang tuntas dalam belaajar dengan persentase 15,39%, sedangkan yang belum tuntas 33 siswa atau 84,61% dengan rata-rata kelas 45,90, ini berarti siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal IPS tentang kenampakan alam tentang gunung yang soalnya pilihan berganda, dengan hasil yang belum tercapai maka peneliti melaksanakan Siklus I dengan pelaksanaan tindakan yang telah dibuat dan memberikan postes I, maka diperoleh nilai bahwa pada siklus ini hanya 17 siswa saja yang tuntas atau 43,59%, sedangkan yang belum tuntas 22 siswa atau 56,41% dengan rata-rata kelas 64,36, terjadi peningkatan ketuntasan belajar tes awal dengan siklus I sebesar 28,2%, peningkatan rata-rata sebesar 18,46. Pada saat siklus ini ternyata tingkat ketuntasan belajar belum tercapai, maka peneliti melanjutkan ke siklus II dengan pelaksanaan yang sama seperti siklus I, dan telah memperoleh ketuntasan nilai belajar yaitu 33 siswa atau 84,61% yang tuntas, sedangkan yang tidak tuntas 6 siswa atau 15,39% dengan rata-rata kelas 74,61, terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 41,02% dan peningkatan rata-rata sebesar 10,25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIdrus, Said Iskandar Al197703182005011001
Call Number: SK-2016 PGSD 312
Keywords: Diskusi; IPS; Alam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item