PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DENGAN RINGKASAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD FIP UNIMED

Simbolon, Naeklan (2004) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DENGAN RINGKASAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 015020021 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 015020021 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 015020021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 015020021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 015020021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 015020021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 015020021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 015020021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 015020021 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 015020021 BAB V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 015020021 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antaramahasiswa yang memperoleh teknik pembelajaran ringkasan verbal dan skematik, (2) perbedaan hasi belajar antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar impulsif dan reflektif, (3) interaksi antara teknik pembelajaran ringkasan dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di PGSD F1P Universitas Negeri Medan, padssemester tiga tahun akademik 2003/2004. Metode penelitian ini adalah eksperirnen dengan rancangan faktorial 2 x 2, variabel bebas penelitian ini adalah (1) teknik pembelajaran ringkasan, dan (2) gaya belajar mahasiswa sedangkan variabel terikat adalah basil belajar Bahasa Indonesia.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FIP Universitas NegeriMedan, sarnpel diambil dari dua kelas (60 orang) mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data (1) tes hasil belajar berbentuk tes objektif, (2) tes gaya belajar yang diadaptasi dan IPL Tellier, dilakukan oleh Bagian Konsultasi Bimbingan dan Penyuluhan Universitas Negeri Medan. Teknik anatisis data menggunakan ANAVA 2 X 2.Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) tidak terdapat perbedaanhasil belajar Bahasa Indonesia antara mahasiswa yang memperoleh teknik pembelajaran ringkasan verbal dengan ringkasan skematik (Fhitung = 1,13 < Ftabel = 4,00), (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar imputsif dan reflektif (Fhitung = 0,97 < Ttabel = 4,00), (3)tidak terdapat interaksi antara teknik pembelajaran ringkasan dan gaya belajar mahasiswa yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap basil belajar Bahasa Indonesia (Fhitung = 0,11 < Ftabel = 4,00).Dengan demikian basil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran ringkasan verbal dan skematik cocok diberikan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar impulsif dan reflektif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDYurmaini, UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSiman, 195501081980031007
Call Number: 371.302 8 Sim p
Keywords: Gaya Belajar; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item