PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TYPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK

Siregar, Lia Agusrina (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TYPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8146172037 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8146172037 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 8146172037 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8146172037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 03.NIM 8146172037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03.NIM 8146172037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 04.NIM 8146172037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04.NIM 8146172037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 05.NIM 8146172037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05.NIM 8146172037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 06.NIM 8146172037 TABLES.pdf]
Preview
Text
06.NIM 8146172037 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 07.NIM 8146172037 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07.NIM 8146172037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 08.NIM 8146172037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08.NIM 8146172037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 012.NIM 8146172037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
012.NIM 8146172037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 013.NIM 8146172037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
013.NIM 8146172037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw berbasis budaya Batak Toba, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Pemecahan masalah dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI-C dan uji coba II di kelas XI-B SMK Dharma Analitika Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik, serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan(2) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I sebesar 68,75 meningkat menjadi 87,5 pada uji coba II; dan (5) adanya peningkatan disposisi matematis siswa dari uji coba I ke uji coba II; (6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 810.071 9 Sir p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran tipe jigsaw; Budaya; Batak Toba; Kemampuan pemecahan masalah; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Nov 2016 04:18
Last Modified: 22 Nov 2016 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item
View Item