UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Sembiring, Nova Ulina (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 3 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf]
Preview
Text
3 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
4 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 5 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
5 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8 Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 12 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar TIK di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa penggunaan media pembelajaran interaktif dalam mengajarkan pokok bahasan Microsoft office excel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 35 orang. Hasil yang di dapat dari kedua siklus adalah terdapatnya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar berbasis komputer, RPP, dan modul simulasi/animasi .Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran TIK dengan penggunaan media pembelajaran interaktif melalui Microsoft Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar TIK setiap siklus yaitu dari rata-rata 64,81 menjadi rata-rata 82,63 . siswa merasa senang belajar TIK dan termotivasi untuk belajar Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa atau tanggapan yang positif terhadap pembelajaran tersebut, untuk itu para guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sem u
Keywords: Hakikat TIK; Media pembelajaran; Belajar; Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:41
Last Modified: 21 Nov 2016 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21581

Actions (login required)

View Item
View Item