PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOLAH MAKANAN CONTINENTAL

Sitepu, Muhammad Rizal (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOLAH MAKANAN CONTINENTAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146121027_COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146121027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146121027_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146121027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146121027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146121027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146121027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146121027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146121027_BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146121027_BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146121027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) Hasil belajar mengolah makanan continental antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery dimana lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mengolah makanan continental dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, (2) Mengetahui keunggulan hasil belajar mengolah makanan continental antara siswa yang memiliki interaksi social tinggi dimana lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan hasil belajar mengolah makanan continental yang memiliki interaksi social rendah dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi social siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mengolah makanan continental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Boga, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 60. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen semu. Metode ini dipakai untuk membandingkan mana yang lebih baik antara strategi pembelajaran discovery dan strategi pembelajaran inkuiri. Variabel bebas yang menjadi ruang lingkup penelitian: (1) Strategi pembelajaran Discovery (2) Strategi Pembelajaran inkuiri. Kemudian satu variabel terikat yaitu hasil pembelajaran mengolah makanan continental. Sedangkan sebagai variabel moderator adalah interaksi social yaitu yang terdiri dari interaksi social tinggi dan interaksi social rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriftif dan infrensial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument Uji Reliabilitas dengan Product Moment dengan penerimaan 95% atau pada taraf siknifikansi 0,05. Data penelitian init erlebih dahulu diuji normalitas distribusi variabelnya dengan rumus Lillifors, untuk mengetahui homogenitas data diuji dengan Uji Barlet. Sedangkan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) serta uji lanjut dengan menggunakan Uji-Tuckey. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar mengolah makanan continental yang diajar dengan strategi discoveryX ̅= 70,4 lebih tinggi dari pada hasil belaja rmengolah makanan continental yang diajar dengan strategi inkuiri X ̅= 67,5; dimana hasil perhitungan yang diperoleh bahwa Fhitung = 12,78 dan Ftabel = 3,82 pada taraf siknifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel, (2) Hasil belajar mengolah makanan continental yang memiliki interaksi social tinggi X ̅= 69,7 lebih tinggi dari hasil belajar mengolah makanan continental yang memiliki interaksi social rendah X ̅= 69,3; dimana hasil perhitungan yang diperoleh bahwa Fhitung = 5,73 dan Ftabel = 3,82 pada taraf siknifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel, dan (3)Terdapat interaksi antara startegi mengajar discovery dan interaksi social tinggi X ̅= 77,7 terhadap hasil belajar mengolah makanan continental yang lebih tinggi dari pada strategi menajar inkuiri dengan interaksi social rendah X ̅= 74,9; dimana hasil perhitungan yang diperoleh bahwa Fhitung = 131,99 dan Ftabel = 3,82 pada taraf siknifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel, hasil analisis data bahwa dalam meningkatkan hasil belajar mengolah makanan continental, siswa yang memiiki interaksi social rendah lebih efektif diajar dengan menggunakan strategi discovery, sedangkan siswa yang memiliki interaksi social tinggi lebih efektif diajar dengan menggunakan strategi inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid K., Abdul195802221981031001
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: 372.83 Sit p
Keywords: Hasil belajar; Mengolah makanan continental; Strategi pembelajaran; Interaksi sosial; Strategi discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item