MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173490 SIMBARA KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Sitanggang, Yanti Eva (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173490 SIMBARA KECAMATAN TARABINTANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Ini terjadi dikarenakan proses pembelajaran matematika yang tercipta di dalam kelas bersifat monoton, guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran dan kurang terampil menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Proses pembelajaran yang demikian menyebabkan siswa bersifat pasif dan kurang serius dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Pembatasan dalam penelitian ini dibatasi dalam materi pokok luas trapezium dan layang-layang. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi di SDN 173490 Simbara T.A 2015/2016.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 173490 Simbara. Hipotesis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 173490 Simbara tahun ajaran 2015/2016. Dengan demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan pada apa yang diperlihatkan selama pembelajaran berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173490 Simbara tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pos tes. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah pos tes pada akhir siklus, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum ada tindakan dikategorikan sangat rendah dengan persentase hasil belajar klasikal 33,3 % pada pre tes. Pos tes siklus I persentase hasil belajar klasikal adalah 55,5 % sedangkan pada pos tes siklus II persentase hasil belajar klasikal mencapai 83,3 %. Rata-rata hasil observasi siswa aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 55,5 % dengan kategori kurang partisipatif dan pada siklus II sebesar 83,5 % dengan kategori sangat partisipatif. Rata-rata hasil observasi guru siklus I sebesar 80,83 % dengan kategori partisipatif dan pada siklus II sebesar 90,83 % dengan kategori sangat partisipatif. Dari penjelasan tersebut, menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 173490 Simbara Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDIdrus, Said Iskandar Al197703182005011001
Call Number: SK-2016 PGSD 310
Keywords: Hasil Belajar; matematika; Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item