EFEKETIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (SUATU STUDI EKSPERIMEN DI SLTP KECAMATAN HAMPARAN PERAK)

Rasyid, Muhammad (2004) EFEKETIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (SUATU STUDI EKSPERIMEN DI SLTP KECAMATAN HAMPARAN PERAK). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
015020040 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020040 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020040 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020040 - Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020040 - Bab V.pdf - Published Version

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020040 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) perbedaan hasil belajar fisika yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan basil belajar fisika dengan kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah, dan (3) apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap basil belajar fisika. Metode yang digunakan adalah Ouasy Experiment Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SLTP Negeri 1 dan 2 Hamparan Perak, clengan jumlah sample 40 siswa, yang diamil secara aeak..Istrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal untuk mendapatkan siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan rendah digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan mated pelajaran sebelum pembelajaran dimulai dan pembentukan kelompok pembelajaran dan tes basil belajar digunakan untuk mengukur basil belajar fisika yang meripakan tes akhir. Teknik analisis data digunakan analisis varians (ANA VA). Hasil analisis statistikmembuktikan bahwa : (1) Fhitung= 24,10 dibandingkan dengan distribusi nilai Ftabel =(0,05). (1.36) = 4,11 rnenunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara strategi pembelajaran kooperatif dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) F hitung = 25,38 dibandingkan dengan distribusi Ftbabel (005). (1,36) = 4,11 rnenunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah, dan (3) Fhitung = 0,12 dibandingkan dengan distribusi nilai F table (0.05). (1.36) = 4,11 menunjukkan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal dalam memperigaruhi hasil belajar fisika Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif mempunyai keungguian dan lebih efektif untuk meningkatkan hash! belajar yang terfokus pada peran, keaktifan, partisipasi dan tanggung jawab dalam bekerja sama untuk memperoleh hasil belajar yang lebih haik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Berdasarkan hasil penemuan penelitian dibuat simpulan, implikasi dan saran yang berkaitan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif yang unggul dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini liarus difokuskan kepada peran, keaktifan, partisifasi dan tanggungjawab guru dan siswa dalam bekerjasama untuk memperoleh basil belajar yang lebih balk sehingga menghasilkan sumber manusia yang lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArifin, Tina Mariany194403021969022000
Thesis advisorYusri, 131112282
Call Number: 373.28 Ras e
Keywords: Hasil Belajar Fisika, Pembelajaran Kooperaif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item